Kamis, 03 April 2008

KELINCI DAN KURA-KURA BIJAK

Disuatu hari, kura-kura berdebat dengan kelinci mengenai siapa yang lebih cepat. Akhirnya mereka memutuskan untuk adu lari dan sepakat jalurnya. Kelinci melesat ninggalin kura-kura. Setelah tahu kura-kura tertinggal dibelakang, kelinci mutusin untuk beristirahat sejenak sebelum lanjut lagi. “Ah! Gue istirahat dulu, ntar kalo sikura-kura udah deket baru gue lari lagi,” kelinci duduk dibawah pohon (ga di atas pohon, karena kelinci ga bisa manjat) dan akhirnya tertidur pules.
Kura-kura akhirnya melalui kelinci yang sedang tertidur dan memenangkan lomba adu lari. Akhirnya kelincipun terbangun dan menyadari dirinya kalah.
Moral : Alon-alon asal kelakon yang akan BERJAYA
Wach Apa Yach………???!!!,,…

Remaja adalah masa yang paling pelik, pun begitu kondisinya masa remaja adalah masa penentuan seseorang berhasil atau tidaknya hidup di dunia ini. Dikala remaja inilah seseorang pasti akan bertanya pada dirinya,”Siapa aku yach..aku mau jadi apa hidup di dunia ini…?”. Namun kenyataannya, pada skala dunia yang semakin memanas ini.. sayang.. pertanyaan yang mendasari potensi dirinya itu berubah menjadi,”Siapa dan apa yang harus aku ikuti biar ga’ KeJam yach….?” (alias Ketinggalan Jaman).

Nach…..saat inilah kamu harus memberikan opini kamu bagaimana harusnya remaja itu. Kirimkan opini kamu itu ke : Kotak Saran PD IRM Kota Metro lebih cepat lebih baik. Dan yang paling baik opininya akan DITAYANGKAN di mading PD IRM Kota Metro loch….!!! Makanya buruan………selak entEk……!!!
Karena malu dan kecewa mendalam, kelinci melakukan antisipasi kegagalan (Root Cause Analysis) Ia yakin bahwa kekalahannya hanya karena ia terlalu percaya diri, ceroboh dan lalai. “Kalo kemaren gue ga macem-macem, ga mungkin gue kalah,” Pikir kelinci.
Didatanginya lagi si Kura-kura,”Hei kura-kura, sini lo…,gue ga trime lo menang kemaren, ayo kita lomba lagi, kali ini gue pasti menang!”
Si Kura-kura nyante aje ngejawab,”Hayuuuk, siapa takuuuut!”.
Akhirnya lomba dimulai, dan dari awal lomba kelinci melesat meninggalkan kura-kura dan terus berlari hingga di garis finish. Beneran juga, kelinci yang menang.
Moral : Yang Cepet Dan Konsisten Selalu Mengalahkan Yang Alon-alon Asal Kelakon

Kura-kura panas dan setelah dipikir-pikir baru nyadar kalo dia ga bakalan bisa ngalahin kelinci dengan kondisi seperti itu. Ditantangnyalah kelinci adu lari di suatu tempat, “Hei kelinci ayo kita lomba adu lari lagi. Sekarang kita lewat jalan sana. Brani ga lo?” ditantang seperti itu, kelinci langsung maju aja karena dah yakin dia bakalan menang, wong kemaren aja dia bisa menang.
Lomba dimulai dan dengan kencangnya kelinci berlari meninggalkan kura-kura. Di depannya sebuah sungai membentang. “Duh !, gimana gue nyebrangin ni sungai? Gue ga bisa brenang lagi,” termenung kelinci mencari jalan menyebrangi sungai, lama termenung. Akhirnya kelinci melihat kura-kura datang dan nyebur berenang di sungai, keluar lagi berjalan pelan menuju garis finish dan menang dech si kura-kura.
Moral : Ketahuilah…., Jikalau Punya Kemampuan Maka Ubah Keadaan Sesuai Kemampuan Yang Kita punya.

Ngeliat si kelinci terpaku sedih, kura-kura pun menghampiri dan bilang, ”Dah, jangan sedih, besok kita ulangin lagi, tapi kita bareng-bareng.” Esoknya, lomba dimuali lagi, tapi sekarang kelinci nggendong kura-kura sampai di tepi sungai. Kemudian gantian kura-kura nggendong kelinci nyebrangin sungai dilanjutkan lagi kelinci nggendong kura-kura sampe garis finish. Hasilnya mereka berdua lebih cepat sampai di garis finish.
Moral : Pinter dan Kemampuan Tapi Ga Bisa Kerjasama Bakalan Percuma Karena Dengan Kerjasama Maka Kekurangan Akan Dipenuhi Oleh Yang Lainnya.

Amanat :
ü Yang cepat dan konsisiten selalu mengalahkan yang alon-alon asal kelakon
ü Bekerjalah sesuai kemampuanmu
ü Kumpulkan sumber daya dan kerjasama tim selalu mengalahkan kelebihan pribadi
ü Jangan menyerah jika gagal
ü Berlombalah dengan situasi, jangan saling saingan

by Adhe atw ka’ dany ghaza

Tidak ada komentar: